Kamis, 24 Desember 2015

Cara Ampuh Seting Karburator PE 28 KW rasa Ori


   Karburator jenis  PE-28, boleh dibilang karburator yang serba guna. Banyak modifikator yang menggunakannya baik untuk road-race,drag bike,bahkan juga untuk harian. Saking larisnya, banyak produsen yang membuat replika atau yang lebih sering disebut dengan barang kw. Di toko-toko separepart dan asesoris banyak dijual barang ini, mulai yang ori seharga diatas 1 jutaan, kw1,kw2,kw3, dan seterusnya, hingga paling murah ada yang seharga 150 ribuan. Tentunya, semakin mahal harganya kualitasnya juga semakin bagus pula, dan biasanya karburator yang ori lebih  mudah untuk diseting.

   Jika anda membeli karburator PE-28 ori, biasanya hanya tinggal menyesuaikan pilot jet dan main jetnya saja menyesuaikan kebutuhan mesin. Tetepi jika anda beli karburator yang versi kw, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum karburator siap pakai. Karena karburator yang kw sangat susah untuk diseting. Kalaupun dipaksakan untuk digunakan, hasilnya pasti jauh dari harapan, bahkan bisa jadi lebih parah dibanding saat memakai karburator bawaan. Maklum, namanya juga barang tiruan.

   Karburator PE-28 kw memiliki jarum skep yang terlalu kurus atau runcing, sehingga membuat kurva pengabutan bahan bakar menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Apalagi jika dipasang pada motor 4-tak yang membutuhkan pengabutan bahan bakar yang sangat halus. Solusinya, banyak mekanik yang mengakalinya dengan menggunakan jarum skep milik Honda GL-Pro. Tapi cara ini  membutuhkan ketrampilan khusus, karena harus melakukan banyak penyesuaian dalam pemasangannya.

   Bagi anda yang menginginkan cara instant, sekarang TDR sudah menyediakan repair-kit untuk PE-28. Di pasaran dijual seharga 100 – 150 ribuan. Lengkap dengan pilot jet, main jet, jarum skep, jarum pelampung, dan juga nozzelnya.

   Pemasangannya sangat mudah, tinggal plug and play karena memang dibuat khusus untuk karburator PE-28. bahkan mungkin bisa dicoba sendiri. Setingannya pun menjadi lebih mudah, tinggal menyesuaikan pilot dan main jetnya saja, terlebih jarum skepnya juga bisa distel naik turun. Jika telah menemukan setingan yang pas, karburator PE-28 kw ala TDR yang hanya bermodal kurang dari 400 ribuan ini , berani di adu dengan PE-28 ori yang harganya jutaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar