Rabu, 27 Januari 2016

Trik Jitu Mengakali Gir Belakang Tiger Revo Oblak



   Salah satu bagian dari Honda Tiger Revo yang sering dikeluhkan oleh para pemiliknya adalah gir belakang. Kancing pengunci gir belakang Tiger Revo masih sama seperti yang diterapkan pada Honda CB, GL-100,dan GL-series. Keempat baut gir hanya ditancap di karet dumper yang berbentuk bulat, kemudian ditahan dengan sebuah ring pengunci model spy.
   Dengan kapasitas mesin 200cc, tentunya hentakan tenaga yang diterima gir belakang sangat besar. Sehingga perangkat ini sering sekali bermasalah. Bagian yang paling sering rusak adalah karet dumper. Tidak hanya berhenti disitu, pemakaian diatas dua tahunbiasanya daging tromol untuk dudukan spy pun akan mengalami keausan. Sehingga gir akan longgar, oblak, bahkan ada beberapa kasus yang lepas saat dipakai riding. Tentu saja ini hal yang sangat berbahaya bagi pengendara.
   Bagi mereka yang tidak berpikir panjang, biasanya langsung menempuh jalan pintas dengan cara membuatkan ulir pada tromol, kemudian gir belakang di baut langsung dengan tromol. Tapi, cara ini sangat tidak direkomendasikan. Karena ini artinya gir tidak lagi menggunakan peredam (dumper). Efeknya, motor akan terasa getar saat digunakan dan saat perpindahan gigi juga terasa  kasar. Jika ini digunakan dalam waktu yang lama, sangat memungkinkan as gir depan yang kalah. Yang lebih menakutkan lagi bisa menyebabkan gigi transmisi bisa ompong.
   Tetapi jangan khawatir, kali ini saya akan membagikan tips yang sudah saya terapkan di  motor sejak 2015 dan alhamdulillah masih aman hingga saat ini. Solusinya adalah dibawa ketukang bubut. Kemudian minta untuk dibuatkan penahan yang nantinya di baut dengan tromol untuk menahan gir (lihat gambar di bawah). Caranya, buatkan dulu plat besi untuk penahan girnya, bisa juga menggunakan gir bekasagar lebih mudah penyesuaiannya. kemudian buatkan ulir pada tromol, posisinya diantara lubang-lubang karet dumper. Jangan lupa buatkan juga bos  (bushing) agar ada space bebas untuk girnya, sehingga gir tidak terjepit dan dumper tetap berfungsi normal. Gambarnya kurang lebih seperti di bawah ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar