Banyak pemilik Honda Tiger Revo yang mengeluh tentang peforma dan daya tahan kampas kopling. Maklum, dengan tenaga mesin yang cukup besar, sangat memungkinkan untuk terjadinya selip kopling. Apalagi jika gaya berkendara penggunanya hobi memainkan kopling saat riding. Ditambah lagi jika motor sering digunakan untuk menerobos kemacetan seperti Jakarta. Pastinya umur kampas kopling akan semakin pendek.
Jika tujuannya hanya untuk mendongkrak peforma, sebenarnya sekarang ditoko-toko separepart sudah banyak yang menyediakan kampas kopling Tiger versi racing. Seperti merk TDR,CLD, dan sebagainya. Tetepi,perlu diingat bahwa barang-barang racing diproduksi hanya memaksimalkan peforma saja, dan kurang memperhatikan soal durability atau ketahanan. Artinya, umur pemakaian tidak akan bisa se-awet barang orinya. Maklum saja, karena memang diperuntukkan buat balap, tentunya kurang cocok jika digunakan untuk harian.

Untuk pemasangan tidak perlu khawatir, plug and play karena bentuk dan ukurannya sama persis. Tapi, agar tidak mubazir,sebaiknya jangan membeli satu set. Cukup beli eceran saja, karena ZX 130 menggunakan 5 lapis kampas, sedangkan Tiger hanya 4 lembar ditambah 1 kampas judder. Untuk kampas juddernya mau tidak mau tetap harus membeli orinya Tiger, karena ZX 130 tidak menggunakan judder spring.
Untuk hasil lebih maksimal, temen-temen bisa coba tambahkan satu buah ring untuk masing-masing per koplingnya. Fungsinya, agar tekanan pada kampas lebih kuat dan merata, sehingga daya putaran yang dihasilkan mesin dapat tersalurkan dengan sempurna. Selain kopling lebih responsf, hal ini juga dapat memperpanjang umur kampas, karena dapat meminimalisir terjadinya selip kopling.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar